Tour Belitung
Kepuasan
konsumen, seorang konsumen akan mencapai kepuasannya yang maximum apabila ia
mencapai titik dimana garis anggaran pengeluaran menyinggung kurva kepuasan
sama.
2.3 Prinsip-Prinsip Dasar Dalam Analisis Perilaku Konsumen
1. Kelangkaan dan terbatasnya pendapatan. Adanya kelangkaan
dan terbatasnya pendapatan memaksa orang menetukan pilihan agar pengeluaran
senantiasa berada dianggaran yang sudah di tetapkan, meningkatkan konsumsi
suatu barang atau jasa harus disertai dengan pengurangan konsumsi pada barang
atau jasa yang lain. Tour Belitung
2. Konsumen mampu membandingkan biaya dengan
manfaat. Jika dua barang member manfaat yang sama konsumen akan memilih yang
biayanya lebih kecil. Disisilain, bila untuk memperoleh dua jenis barang
dibutuhkan biaya yang sama, maka konsumen akan memilih barang yang memberi
manfaat lebih besar. Belitung Tour
3. Tidak selamanya konsumen dapat memperkirakan
manfaat dengan tepat. Saat membeli suatu barang bisa jadi manfaat yang di
peroleh tidak sesuai dengan harga yang harus di bayarkan: segelas kopi
starsbuck, miasalnya, ternyata terlalu pahit untuk harga Rp. 40.000,-
percangkir. Lebih nikmat kopi tubruk di warung kopi yang Rp. 3000,-
pergelasnya. Pengalaman tersebut akan menjadi informasi bagi konsumen yang akan
mempengaruhi keputusan konsumsinya mengenai kopi di masa yang akan dating.
4. Setiap barang dapat di distribusi dengan
barang lain. Dengan demikian konsumen dapat memperoleh kepuasan dengan berbagai
cara.
5. Konsumen tunduk terhadap hukum berkurangnya
tambahan kepuasan ( the law of
diminishing marginal utility). Semakin banyak jumlah barang yang di
konsumsi, semakin kecil tambahan kepuasan yang dihasilkan. Jika untuk setiap
tambahan barang di perlukan sebesar harga barang tersebut (p), maka konsumen
akan berhenti membeli barang tersebut manakala manfaat tambahan yang di
perolehnya (MU) sama besar dengan
tambahan biaya yang harus di keluarkan.
Komentar
Posting Komentar